Mengintip Festival Ramadhan Cantik di Negeri Kebab

Anak-anak berlarian riang di jalan-jalan. Sementara para orang tua duduk santai di bangku yang tertata rapi bersama meja-meja. Mereka mengobrol, bercanda, dan bersilaturahmi bersama kawan, tetangga, saudara, sembari menunggu azan magrib tiba. Di meja mereka, telah terhidang menu berbuka puasa yang beraneka rupa dan begitu menggoda. Lamanya durasi 17 jam menahan lapar dan dahaga, serasa berlalu begitu saja.Tidak ada yang perlu dikhawatirkan pada hari-hari itu, hanya ada ucap syukur dan kebahagiaan. 
www.turkeyhomes.com
Bagaimana tak bahagia? Pada hari itu anak-anak libur dari sekolahnya, para orang tua tidak berangkat ke kantor. Rata-rata semua orang menggunakan pakaian terbaiknya. Ya, di hari Festival Ramadhan Turkey (Şeker Bayramı) seperti yang dikutip dari laman timeanddate.com (01/06/2017), pemerintah Turkey meliburkan semua rutinitas harian warganya selama beberapa hari, jalur transportasi dialihkan sedemikian rupa, dan biaya tranportasi umum dimurahkan dari hari biasa. Semua orang tumpah ruah di jalan menyaksikan berbagai macam pagelaran, dan keceriaan tak habis begitu saja oleh terbenamnya matahari sore, sebab malam harinya kemeriahan masih terus berlanjut.Begitulah sedikit gambaran suasana Festival Ramadhan di Turkey yang rutin digelar tiap tahunnya. Berbagai pertunjukan dan acara menarik mengisi hari-hari itu. Alhasil bukan hanya umat muslim saja yang menikmati acaranya, semua orang, tak terkecuali non-muslim turut berpartisipasi dalam ingar-bingar festival.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui dalam The Sugar Feast −nama lain Festival Ramadhan Turkey− yang akan membuat semua orang betah begadang hingga pukul 03.00 pagi. Tak ada salahnya sesekali dalam hidup Anda, menyempatkan diri untuk merasakan perayaan itu.
Berikut hal-hal unik yang bisa Anda temui di Festival Ramadhan Turkey


Larut Dalam Kesyahduan Drama Karagoz Hacivat
www.masaloku.com

Drama Karagӧz Hacivat adalah seni pertunjukan boneka tradisional mirip dengan seni pewayang di Indonesia. Orang Turkey menyebut boneka pertunjukan tersebut dengan nama Kukla. Dilansir dari laman karagoz.net (20/05/2015), populernya pertunjukkan ini dikarenakan piawainya sang Meddah –sebutan untuk dalang− dalam meracik komposisi cerita yang diambilnya dari kehidupan sehari-hari, isu yang sedang hangat terjadi, dan juga komedi-komedi segar. Pertunjukkan ini diminati oleh berbagai kalangan usia dan bisa ditonton gratis selama Festival Ramadhan. 

Gelegar Penabuh Drum Semalam Suntuk dengan Balutan Busana Ustmaniah
www.demotic.com
Pastikan Anda orang yang betah dengan keramaian, sebab seperti dikutip dari laman  malasmikir.com (10/06/2017) para penabuh drum band dengan kostum tradisional Utsmaniyah akan berkeliling di jalan-jalan sembari menabuh drum band dan membuat suasana kian gemuruh. Para penabuh drum akan semakin ramai ketika sampai di 1/3 malam terakhir sebagai cara mereka membangunkan orang sahur. Pastikan Anda orang yang betah dengan keramaian, sebab seperti dikutip dari laman  malasmikir.com (10/06/2017) para penabuh drum band dengan kostum tradisional Utsmaniyah akan berkeliling di jalan-jalan sembari menabuh drum band dan membuat suasana kian gemuruh. Para penabuh drum akan semakin ramai ketika sampai di 1/3 malam terakhir sebagai cara mereka membangunkan orang sahur. 

Seni Kaligrafi yang Memanjakan Mata Siapa Saja

Jika Anda mencari perupa kaligrafi, Turkey adalah gudangnya kaligrafi. Maka selama Festival Ramadhan jangan heran jika di berbagai sudut kota terpajang kaligrafi yang menawan. Bahkan, seperti dikutip dari laman eramuslim.com (28/08/2009), pameran kesenian dan kebudayaan Islam digelar, semakin menyemarakkan euforia Festival Ramadhan. Beragam model dan inovasi kaligrafi terukir berpadu-padan dengan ornamen-ornamen cantik. Tak ayal, keindahan kaligrafi Turkey banyak diminati orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

Disiplinnya Masyarakat Turki Menjaga Kebersihan Lingkungan

Anda akan terheran-heran pada masyarakat Turkey yang sangat memerhatikan kebersihan lingkungan, dan mungkin akan membandingkannya dengan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia dalam menikmati perayaan. Walaupun ribuan orang tumpah ruah di jalan-jalan, lapangan, dan taman kota semalam suntuk selama festival, tetapi di Turkey, Anda tak akan menemukan sampah yang bertebaran, atau taman yang rusak karena diinjak-injak, semua terkondisikan dengan baik, persis yang dilansir di laman travelblog.com (26/10/2011). Kesadaran masyarakat akan kebersihan berkolaborasi bersama petugas khusus kebersihan, menciptakan lingkungan Turkey yang tertata dan indah. Sungguh menakjubkan bukan?

Turkey bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang recommended bagi Anda, terutama di bulan ramadhan. Tidak ada salahnya jika dari sekarang Anda mulai mempersiapkan budget khusus. Siapa tahu, di ramadhan tahun depan, Anda bisa ikut menikmati kemeriahan Festival Ramadhan di Negeri Kebab itu bersama keluarga tercinta. 

Sumber :  www.timeanddate.com, www.karagoz.net, www.malasmikir.com, www.eramuslim.com, www.travelblog.com.


Alhamdulillah sudah terbit di UCNews tanggal 18 Juni 2017

Link : http://tz.ucweb.com/6_1oEGB

Komentar